Test Drive Suzuki Ertiga di Bali

Posted by at 30 June, at 00 : 15 AM Print

Test Drive Suzuki Ertiga di Bali

Denpasar – Setelah merasakan sebagai penumpang Suzuki Ertiga GX (tipe tertinggi) kini saatnya berada di balik kemudi penantang si duo kembar Avanza-Xenia.

Sebagai pendatang baru di segmen MPV, Suzuki Ertiga 7 seater ini memiliki beberapa karakter berbeda dari kompetitornya. Hal itu lah yang membuat detikOto kepincut untuk segera menyicipinya.

Mmm, lalu apa yang ditawarkan Suzuki Ertiga, dan seperti apa rasanya. Yuk kita kupas tuntas!

Bermodal mesin 1.373 cc dengan dimensi lebih panjang dari Avanza dan Xenia, tongkrongan Suzuki Ertiga cukup berbeda.

Desain Suzuki Ertiga diklaim sudah disesuaikan dengan konsumen India dan Indonesia serta di beberapa negara ASEAN lainnya. Lihat bentuknya yang aerodinamis dengan garis tegas di kiri dan kanan itu. Namun sekilas, MPV Ertiga mirip dengan Suzuki Swift, tapi dibuat panjang.

Hanya saja jika dibandingkan kompetitor, ciri khas MPV Ertiga sangat jelas yakni mengaplikasikan head lamp lebar berpadu desain grille yang imut. Ada juga kaca kecil di depan kaca spion untuk memantau daerah kiri dan kanan. Sayangnya desain stop lamp kurang pas dan terlalu kecil jika dipandang dari belakang.

Masuk ke dalam kabin penumpang. MPV Ertiga memang menawarkan kendaraan keluarga. Soalnya posisi duduknya cukup nyaman dan bahan kuris juga lumayan empuk. Kursi bisa naik turun secara manual. Sedangkan maju-mundur kursi juga secara manual.

Dan untuk menjangkau tombol power window tidak sulit, begitu juga tombol electric mirror yang terintegrasi di doortrim pengemudi.

Kekurangannya power window tidak bisa dengan sekali tarik menaikkan kaca. Tombol harus ditarik cukup lama hingga kaca tertutup rapat. Meski demikian untuk menurunkan kaca tetap pencet 1 kali tombol. Kaca pun otomatis turun.

Dari aspek visibilitas ke depan sangat luas. Sementara untuk memantau daerah kiri dan kanan terbantu dengan kaca kecil dekat spion.

Nuansa kabin semakin cerah dengan perpaduan 2 warna yakni krem (jok, doortrim, plafon) dan abu-abu di dashbord.

Lebih dalam lagi, MPV Ertiga ternyata sudah dilengkapi tilt steering (pengatur naik turun setir) dan audio switch control di kiri kemudi. Fitur tersebut memudahkan pengendara mengatur volume suara dan menggonta-ganti chanel radio ketika mobil melaju. Fitur tersebut pertanda jika MPV Ertiga benar-benar ingin bertarung di RI.

Ditambah lagi, MPV Ertiga GX sudah dilengkapi Multi Information Display (MID). Jadi konsumsi BBM, jarak tempuh kendaraan, suhu luar kabin bisa terpantau sangat jelas. Sedangkan dari segi audio, Ertiga GX sudah terintegrasi 2 DIN CD player. Audio tersebut tersemat apik pada dashbord yang cukup lebar.

Mesin 1.373 cc DOHC pun dinyalakan. Deru mesin tidak sampai ke kabin penumpang. Eits, sebelum memulai perjalanan, sebaiknya atur posisi kemudi, agar lebih nyaman.

MPV Ertiga GX 1.373 cc dilengkapi transmisi 5 percepatan manual. Ketika pedal gas dipijak, mesin dengan tenaga 95 Ps pada 6.000 RPM dan torsi 130 Nm pada 4.000 RPM lumayan responsif. Akselerasi awal lumayan cepat. Perpindahan gigi 1,2,3,4,5 sangat lembut dan tidak ada hentakan.

Asyiknya ketika diajak kebut hingga kecepatan 80 km/jam, suara mesin belum juga masuk ke kabin penumpang. Soalnya MPV ini sudah dilengkapi peredam untuk mengurangi kebisingan dan getaran dari luar kabin.

Dari Nusa Dua Bali mobil pun digeber ke Ubud dan muter-muter Bali ditemani polisi Patwal setempat.

Jalan yang ditemui lumayan bervariasi. Ketika melibas jalanan rusak dan bergelombang, suspensi depan dan belakang berhasil meredam getaran. Mobil pun tidak berguncang hebat dan mentul-mentul.

Faktor sasis monoque milik Suzuki Swift serta suspensi depan MacPherson Strut with Coil Spring dan suspensi belakang model Torsion Beam with Coil Spring sepertinya sangat membantu memberikan kenyamanan.

Sayangnya ketika dipacu hingga kecepatan 80 km/jam dan langsung belok ke kiri, mobil sedikit limbung. Padahal MPV Ertiga GX terisi 4 penumpang. Gejala limbung juga dirasakan oleh jurnalis dari media televisi nasional. Meski demikian, limbung mobil masih normal.

Keinginan memacu mobil lebih kencang lagi sangat keras. Tapi karena tidak ada kesempatan, keinginan tersebut belum tercapai.

Setelah berkeliling bersama Suzuki Ertiga GX di Bali, mobil tersebut sepertinya bisa dijadikan pilihan keluarga Indonesia. Soalnya impresi berkendara dengan MPV Ertiga tidak kalah baik dengan mobil di segmen low MPV lainnya. MPV Ertiga sangat kompetitif dari segala sektor.

Poin Plus

1. Design stylish
2. Kabin penumpang nyaman
3. Suspensi cukup baik
4. Ada fitur ABS, EBD, SRS airbag
5. Harga kompetitif
6. Kursi tengah bisa maju-mundur

Poin Minus:

1. Tidak ada blower tambahan untuk penumpang belakang
2. Desain stop lamp aneh

Kredit Mobil Murah – Mobil Baru – Mobil Suzuki

Sumber: ( ikh / ddn ) – Muhammad Ikhsan – detikOto

 

VN:F [1.9.20_1166]
Rating: 10.0/10 (1 vote cast)
VN:F [1.9.20_1166]
Rating: +1 (from 1 vote)
Test Drive Suzuki Ertiga di Bali, 10.0 out of 10 based on 1 rating

Comments

comments

BERITA

Comments are closed.